“Demi Dzat yang menguasai jiwa Muhammad,tidak ada seorangpun baik Yahudi maupun Nasrani yang mendengar tentang diriku dari Umat Islam ini, kemudian ia mati dan tidak beriman terhadap ajaran yang aku bawa, kecuali ia akan menjadi penghuni Neraka.”(HR Muslim)

12 April 2009

MAKANAN YANG SEHAT UNTUK IBU HAMIL, BAGAIMANA SIH?


MAKANAN YANG SEHAT UNTUK IBU HAMIL, BAGAIMANA SIH?


By: ummu yahya

Banyak makanan yang bisa dimakan dan mengundang selera, tetapi tidak semua jenis makanan aman dimakan, terutama oleh ibu yang sedang hamil.

Belakangan ini, banyak jenis makanan tambahan yang berbahaya bila dikonsumsi, terutama yang mengadung zat pewarna, pengawet dan penyedap makanan . hal ini berarti beberapa makanan itu juga tidak aman dikonsumsi ibu hamil. Ikan yang sudah tercemar bahan logam berat (seperti air raksa (Hg), timbal (Pb), dan kadmium (Cd)) sebaiknya dihindari. Namun, ini bukan berarti ibu hamil tidak boleh sama sekali makan ikan (bahkan justru dianjurkan makan ikan laut yang segar), tetapi ikan yang sudah tercemar oleh limbah industri ini yang tidak aman untuk dimakan.

Beras, sebagai bahan makanan pokok, belakangan telah dicampur dengan bahan pemutih agar tampak lebih putih dan kelihatan bersih, sehingga menambah nilai jual. Bahan pemutih ini sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan calon bayi di masa mendatang, seperti halnya bahan pengawet dari jenis formalin.

Makanan kesehatan (health food) atau suplemen penambah energi sering tidak jelas penggunaannya. Samapai saat ini, belum jelas efek baiknya bagi ibu hamil. Beberapa ramuan tradisional (jamu) juga tidak aman karena ditambah dengan bahan kimiawi yang membahayakan janin yang dikandung.

Selain itu, minuman yang mengandung alkohol dan kafein mempunyai efek buruk bagi kesehatan janin. Bila ibu hamil banyak minum alkohol, maka bayi akan lahir cacat serta pertumbuhan tulang belulangnya tidak normal. Kafein juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat memacu jantung calon bayi berdetak lebih sering (keras), pernapasan akan semakin cepat, serta mengganggu perkembangan calon bayi. Makanan lain yang bermutu rendah adalah camilan karena sudah ditambah dengan bahan penyedap rasa untuk memberi rasa gurih serta zat pewarna agar kelihatan menarik.

Daftar Pustaka:

Prasetyo, D.S. 2009. Mengenal Menu Sehat Ibu Hamil. Jogjakarta: Diva Press.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi nasihat di FB


 

Ummu Yahya al-Kadiriyyah Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template